Bersosialisasi itu sangat di
perlukan dalam segala aspek kehidupan karena manusia adalah mahluk sosial jadi
mau gak mau kita harus bersosialisasi dengan orang lain demi melanjutkan
kehidupan kita.bagi para pria/wanita yang sudah terjun kedunia kerja tentu hal
ini harus sangat di perhatikan, takutnya nanti kalau salah-salah ngomong klien
ataupun bos kita bisa tersinggung deh atas apa yang telah kita ucapkan, lebih
buruk lagi kalau nanti bisa kena SP terus di pecat :
1.
Jangan
ragu untuk tebar senyum
Seperti kata
orang-orang bahwa senyum itu adalah ibadah,jadi janganlah malu untuk tersenyum
kepada siapa saja yang kita temui baik itu orang yang di kenal maupun yang
tidak di kenal.dengan begitu orang-orang akan berpikir bahwa kita adalah orang
yang ramah dan tidak sombong dan mudah-mudahan orang tersebut nantinya tidak
akan segan-segan untuk mengawali sebuah percakapan.tapi jangan terlalu
kebanyakan senyum juga ya nanti disangka ga waras lagi,kan repot kalo nanti
niat kita pada awalnya hanya ingin tersenyum untuk menyenangkan seseorang yang
kita temui eh tau-tau nya malah diseret ke RS.JIWA.
2.
Pahamilah
lawan bicara anda
Hal ini
sangat perlu diketahui dan dipahami apabila kita sedang berbicara dengan lawan
bicara anda,pahamilah keadaan ataupun suasana hati yang dialaminya karena
apabila lawan bicara kita sedang bad mood kemungkinan besar nantinya dia
malah akan merasa tidak nyaman atau dongkol bahkan marah,jadi sebaiknya apabila
lawan bicara kita sedang bad mood alangkah baiknya apabila kita coba
berkomunikasi dengan beliau dengan sopaan dan lemah lembut dan cobalah untuk
menawarkan bantuan untuk masalah yang sedang beliau hadapi apabila beliau
sedang mempunyai masalah.
3.
Belajar
beradaptasi disegala kondisi
Beradaptasi
didalam lingkungan yang baru kita kenal sangat mempengaruhi hubungan sosial
antara manusia ataupun mahluk hidup lainnya,sebagai contoh apabila kita berada
dilingkungan yang ramah tamah maka jadilah seseorang yang ramah dan
sopan,dan apabila kita sedang berada dilingkungan dengan orang-orang yang
eksklusif ataupun mewah maka jadilah seseorang yang eksklusif,dan apabila kita
berada dilingkungan orang-orang yang bengal maka jadilah orang yang bengal
"ingat saya tidak menganjurkan anda untuk menjadi orang yang bengal loh, tidak
baik itu" maka apabila kita belajar bagaimana cara beradaptasi pasti kita
tidak akan susah untuk mendapatkan kawan.
4.
Hati-hati
dalam berkomentar
Terkadang
kita sebagai manusia khilaf dalam melakukan segala hal tetapi apabila kita
mempunyai keinginan untuk merubah sikap buruk kita niscaya sifat-sifat buruk
yang ada pada diri kita akan lenyap entah kemana.dan untuk para kawan-kawan
sekalian alam berhati-hatilah dalam berbicara,kita tidak mau kan apabila lawan
bicara kita sakit hati atas apa yang telah kita ucapkan??so..berpikirlah
terlebih dahulu sebelum kita ingin menyampaikan isi hati dan pikiran kita
kepada lawan bicara kita.
5.
Perluas
wawasan
Agar
kominikasi dapat berjalan dengan lancar dan baik alangkah baiknya apabila kita
memperluasan wawasan kita baik itu dari membaca buku ataupun belajar dari media
hal ini bertujuan agar kita dapat belajar bagaimana cara berbicara dengan tidak
salah arah dan kita dapat dengan mudah mengarahkan arah pembicaraan yang sedang
kita bicarakan.karena dari rajinnya kita membaca dan belajar dari media dapat
meningkatkan wawasan kita dalam hal berkomunikasi
Cara
Mudah Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi
Apa pun
profesi dan bidang kerja Anda, kemampuan sosialisasi sangat mutlak diperlukan.
Sekalipun pekerjaan tidak mengharuskan Anda untuk bertemu dengan banyak orang,
sebagai makluk sosial Anda tetap dituntut untuk mampu bersosialisasi. Sekecil
apa pun lingkungan kerja, Anda tetap perlu berinteraksi dengan orang-orang di
sekeliling Anda.
Kemampuan sosialisasi memang selalu
diidentikkan dengan kemampuan berkomunikasi dengan lingkungan. Namun tentu saja
bukan asal komunikasi, Anda harus memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik.
Karena melalui sosialisasi yang baik dapat mengantarkan Anda ke gerbang
kesuksesan.
Nah untuk mewujudkannya, Henny E Wirawan
MHum Psi, psikolog dari Universitas Tarumanegara mengungkapkan cara-cara untuk
bersosialisasi di lingkungan kerja, antara lain:
1.
Latih kemampuan berkomunikasi
Melatih kemampuan
berkomunikasi dengan orang lain dapat dimulai dari hal-hal yang kecil. Meskipun
itu hanya dimulai dengan sebuah basa-basi seperti melempar senyuman atau
bertanya kepada orang lain terlebih dahulu mengenai kabar atau pekerjaan. Kalau
ada feedback, maka akan membuat Anda
terdorong untuk lebih berani berkomunikasi lebih lanjut dengan orang lain.
2.
Utarakan hal-hal yang lebih
teknis
Bangun komunikasi dengan
mengutarakan hal-hal yang lebih teknis. Namun sebaiknya fokus pembicaraan harus
jelas, obrolan tanpa arah akan membuat lawan bicara Anda bingung.
3.
Perluas wawasan
Agar dapat menjalin
komunikasi yang baik, sebaiknya perluas wawasan Anda. Caranya yaitu rajin
membaca agar Anda lebih mudah mengetahui arah pembicaraan dan tidak salah
pengertian mengenai topik pembicaraan yang dibahas.
4.
Ketahui waktu untuk diam dan
bicara
Anda harus tahu kapan waktu
untuk bicara dan diam. Diam di sini untuk belajar mengetahui orang lain dan
mengamati dulu mengenai sesuatu. Menjadi pendengar yang baik dapat membuat Anda
mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berbicara. Sehingga orang lain dapat
lebih menghargai Anda.
5.
Hati-hati berkomentar
Simak dengan baik ketika
orang lain sedang mengajak Anda berbicara. Jika hendak berkomentar, jangan
mengeluarkan pernyataan yang akan membuat orang lain merasa tidak nyaman.
Pastikan bahwa komentar kita memang berisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar