Rabu, 27 November 2013

Cara Bersosialisasi Dengan Baik



Bersosialisasi itu sangat di perlukan dalam segala aspek kehidupan karena manusia adalah mahluk sosial jadi mau gak mau kita harus bersosialisasi dengan orang lain demi melanjutkan kehidupan kita.bagi para pria/wanita yang sudah terjun kedunia kerja tentu hal ini harus sangat di perhatikan, takutnya nanti kalau salah-salah ngomong klien ataupun bos kita bisa tersinggung deh atas apa yang telah kita ucapkan, lebih buruk lagi kalau nanti bisa kena SP terus di pecat :

1.      Jangan ragu untuk tebar senyum
Seperti kata orang-orang bahwa senyum itu adalah ibadah,jadi janganlah malu untuk tersenyum kepada siapa saja yang kita temui baik itu orang yang di kenal maupun yang tidak di kenal.dengan begitu orang-orang akan berpikir bahwa kita adalah orang yang ramah dan tidak sombong dan mudah-mudahan orang tersebut nantinya tidak akan segan-segan untuk mengawali sebuah percakapan.tapi jangan terlalu kebanyakan senyum juga ya nanti disangka ga waras lagi,kan repot kalo nanti niat kita pada awalnya hanya ingin tersenyum untuk menyenangkan seseorang yang kita temui eh tau-tau nya malah diseret ke RS.JIWA.

2.      Pahamilah lawan bicara anda
Hal ini sangat perlu diketahui dan dipahami apabila kita sedang berbicara dengan lawan bicara anda,pahamilah keadaan ataupun suasana hati yang dialaminya karena apabila lawan bicara kita sedang bad mood kemungkinan besar nantinya dia malah akan merasa tidak nyaman atau dongkol bahkan marah,jadi sebaiknya apabila lawan bicara kita sedang bad mood alangkah baiknya apabila kita coba berkomunikasi dengan beliau dengan sopaan dan lemah lembut dan cobalah untuk menawarkan bantuan untuk masalah yang sedang beliau hadapi apabila beliau sedang mempunyai masalah.

3.      Belajar beradaptasi disegala kondisi
Beradaptasi didalam lingkungan yang baru kita kenal sangat mempengaruhi hubungan sosial antara manusia ataupun mahluk hidup lainnya,sebagai contoh apabila kita berada dilingkungan  yang ramah tamah maka jadilah seseorang yang ramah dan sopan,dan apabila kita sedang berada dilingkungan dengan orang-orang yang eksklusif ataupun mewah maka jadilah seseorang yang eksklusif,dan apabila kita berada dilingkungan orang-orang yang bengal maka jadilah orang yang bengal "ingat saya tidak menganjurkan anda untuk menjadi orang yang bengal loh, tidak baik itu" maka apabila kita belajar bagaimana cara beradaptasi pasti kita tidak akan susah untuk mendapatkan kawan.

4.      Hati-hati dalam berkomentar
Terkadang kita sebagai manusia khilaf dalam melakukan segala hal tetapi apabila kita mempunyai keinginan untuk merubah sikap buruk kita niscaya sifat-sifat buruk yang ada pada diri kita akan lenyap entah kemana.dan untuk para kawan-kawan sekalian alam berhati-hatilah dalam berbicara,kita tidak mau kan apabila lawan bicara kita sakit hati atas apa yang telah kita ucapkan??so..berpikirlah terlebih dahulu sebelum kita ingin menyampaikan isi hati dan pikiran kita kepada lawan bicara kita.

5.      Perluas wawasan
Agar kominikasi dapat berjalan dengan lancar dan baik alangkah baiknya apabila kita memperluasan wawasan kita baik itu dari membaca buku ataupun belajar dari media hal ini bertujuan agar kita dapat belajar bagaimana cara berbicara dengan tidak salah arah dan kita dapat dengan mudah mengarahkan arah pembicaraan yang sedang kita bicarakan.karena dari rajinnya kita membaca dan belajar dari media dapat meningkatkan wawasan kita dalam hal berkomunikasi



Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Apa pun profesi dan bidang kerja Anda, kemampuan sosialisasi sangat mutlak diperlukan. Sekalipun pekerjaan tidak mengharuskan Anda untuk bertemu dengan banyak orang, sebagai makluk sosial Anda tetap dituntut untuk mampu bersosialisasi. Sekecil apa pun lingkungan kerja, Anda tetap perlu berinteraksi dengan orang-orang di sekeliling Anda.
Kemampuan sosialisasi memang selalu diidentikkan dengan kemampuan berkomunikasi dengan lingkungan. Namun tentu saja bukan asal komunikasi, Anda harus memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik. Karena melalui sosialisasi yang baik dapat mengantarkan Anda ke gerbang kesuksesan.
Nah untuk mewujudkannya, Henny E Wirawan MHum Psi, psikolog dari Universitas Tarumanegara mengungkapkan cara-cara untuk bersosialisasi di lingkungan kerja, antara lain:

1.       Latih kemampuan berkomunikasi
Melatih kemampuan berkomunikasi dengan orang lain dapat dimulai dari hal-hal yang kecil. Meskipun itu hanya dimulai dengan sebuah basa-basi seperti melempar senyuman atau bertanya kepada orang lain terlebih dahulu mengenai kabar atau pekerjaan. Kalau ada feedback, maka akan membuat Anda terdorong untuk lebih berani berkomunikasi lebih lanjut dengan orang lain.

2.       Utarakan hal-hal yang lebih teknis
Bangun komunikasi dengan mengutarakan hal-hal yang lebih teknis. Namun sebaiknya fokus pembicaraan harus jelas, obrolan tanpa arah akan membuat lawan bicara Anda bingung.

3.       Perluas wawasan
Agar dapat menjalin komunikasi yang baik, sebaiknya perluas wawasan Anda. Caranya yaitu rajin membaca agar Anda lebih mudah mengetahui arah pembicaraan dan tidak salah pengertian mengenai topik pembicaraan yang dibahas.

4.       Ketahui waktu untuk diam dan bicara
Anda harus tahu kapan waktu untuk bicara dan diam. Diam di sini untuk belajar mengetahui orang lain dan mengamati dulu mengenai sesuatu. Menjadi pendengar yang baik dapat membuat Anda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berbicara. Sehingga orang lain dapat lebih menghargai Anda.

5.       Hati-hati berkomentar
Simak dengan baik ketika orang lain sedang mengajak Anda berbicara. Jika hendak berkomentar, jangan mengeluarkan pernyataan yang akan membuat orang lain merasa tidak nyaman. Pastikan bahwa komentar kita memang berisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar