Jumat, 08 November 2013

8 Makanan dan Minuman Perusak Pita Suara



Seperti yang kita tahu, makanan dan minuman yang kita konsumsi dari rongga mulut nantinya akan masuk ke lambung melalui saluran yang bernama kerongkongan. Sedangkan pita suara berada di saluran pernafasan yang bernama trakea atau tenggorokan.
/ rif, salahsatu band rock legendaris
Jelas sekali, kedua saluran ini berada di dalam leher kita dan keduanya tidak saling menyatu. Lantas makanan dan minuman apa yang bisa mempengaruhi sebuah 'benda' di tenggorokan?
Begini, sebenarnya makanan dan minuman tersebut tidak menyentuh pita suara sama sekali. Makanan dan minuman yang masuk akan diolah oleh tubuh. Nah, hasil olahan inilah yang nantinya akan memengaruhi tenggorokan dan pita suara.
Pada artikel kali ini saya akan membahas jenis makanan dan minuman apa saja yang mungkin akan membahayakan bagi kesehatan pita suara Anda. Oke langsung saja, check it out:

1.   Air Panas
Minuman jenis apapun itu, jika suhunya tinggi maka berpotensi merusak pita suara. Minuman panas yang masuk ke rongga mulut akan masuk ke kerongkongan. Namun sebelum ke kerongkongan, minuman panas tersebut akan melalui sebuah pertigaan antara saluran menuju rongga hidung, kerongkongan, dan tenggorokan yang bernama faring. Nah, disinilah kemungkinan besar terjadi perpindahan suhu dari minuman ke ketiga saluran tersebut. Jika suhu tenggorokan naik, maka akan memicu peradangan yang menyebabkan disfungsi pita suara (Biasanya seperti suara menjadi serak atau hilang). Oleh karena itu, saya sarankan minumlah air dengan suhu yang wajar saja.

2.   Air Dingin
Poin ini adalah kebalikan dari poin pertama. Minum-minuman yang suhunya terlalu rendah juga ternyata berpotensi merusak pita suara. Sama halnya dengan poin pertama, di faring akan terjadi perpindahan suhu antara minuman dan ketiga saluran yang telah disebutkan di poin pertama. Apabila suhu tenggorokan menurun, maka kemungkinan besar pita suara akan mengeras dan kehilangan elastisitasnya. Jika ini dibiarkan, maka suara Anda akan cenderung fals pada saat bernyanyi.

3.   Makanan Berminyak
Makanan berminyak semacam gorengan dan semacamnya dapat meningkatkan suhu tenggorokan. Sama seperti poin pertama, meningkatnya suhu tenggorokan dapat memicu terjadinya disfungsi pita suara.

4.   Makanan dan Minuman yang Mengandung Susu
Faktanya, susu dapat memicu produksi lendir secara berlebih di tenggorokan. Hal ini tentunya akan mengganggu pita suara Anda. Tidak hanya susu, tetapi produk-produk lain yang mengandung susu seperti yogurt, keju, dan semacamnya harus Anda hindari.

5.   Makanan Pedas
Sama seperti poin nomor 3, makan-makanan pedas juga dapat meningkatkan suhu tenggorokan. Dan seperti yang kita tahu, meningkatnya suhu tenggorokan akan memicu terjadinya disfungsi pita suara.

6.   Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein
Minuman semacam kopi yang mengandung kafein harus Anda hindari. Pada pasalnya, salah satu penyebab kurang elastisnya pita suara adalah karena tubuh Anda kurang terhidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Sedangkan kafein yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan menyerap cairan yang berada di tubuh Anda.

7.   Alkohol
Sama seperti poin nomor 6, alkohol yang kita konsumsi akan menyebabkan tubuh sering mengeluarkan cairan. Akibatnya tubuh akan kekurangan cairan. Kembali, tidak terhidrasinya tubuh akan berakibat pada elastisitas pita suara.

8.   Makanan yang Terlalu Asin
Makanan semacam snack yang rasanya terlalu gurih atau terlalu asin juga sebaiknya Anda hindari karena garam akan menyerap cairan dalam tubuh Anda. Sama seperti poin sebelumnya, tidak terhidrasinya tubuh mengakibatkan berkurangnya elastisitas pita suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar