Jumat, 06 September 2013

Tips Meningkatkan Nilai Diri Pada Pertemuan Pertama



Meningkatkan nilai diri pada pertemuan pertama bisa dibilang bukan merupakan hal yang mudah. Bahkan ada beberapa orang yang sampai menggunakan barang mewah untuk meningkatkan nilai dirinya ketika melalukan pertemuan. First impression adalah hal yang penting, banyak orang setuju dengan hal ini.
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar nilai diri Anda bisa meningkat sejak pertemuan pertama, sehingga untuk pertemuan selanjutnya Anda tidak perlu bersusah payah untuk melakukannya lagi, dan orang tersebut sudah akan segan terhadap Anda.
1.      Datang tepat waktu
Dengan datang tepat waktu maka Anda sudah menciptakan kesan kalau Anda adalah orang yang bisa dipercaya, konsisten, dan bertanggung jawab. Sehingga, nilai diri Anda sebagai orang yang bisa dipercaya, konsisten, dan bertanggung jawab sudah terbentuk. Kalau diawal saja sudah terlambat, orang lain akan menganggap Anda adalah orang yang kurang bertanggung jawab.

2.      Pergunakan pakaian yang rapi dan layak
Selain rapi Anda juga harus menggunakan pakaian hanya layak dan cocok dengan situasi dan kondisi. Kalau itu pertemuan yang formal maka selayaknya Anda harus pergunakan pakaian yang formal. Jika Anda bertemu ditempat olahraga maka tentu aja Anda harus menggunakan pakaian olahraga.

3.      Bawalah notes dan singkirkan handphone
Biasakan untuk membawa buku catatan ketika melakukan pertemuan, ini akan menimbulkan kesan kalau ada menghargai dan mendengarkan lawan bicara Anda. Semua orang akan setuju kalau akan terganggu Jika ada bunyi handphone ketika sedang berbicara, maka simpanlah handphone Anda untuk sementara waktu.

4.      Berikan pujian dengan wajar
Memuji seseorang adalah baik, tentu seseorang akan merasa senang ketika dipuji, namun berikan pujian secara wajar, karena kalau Anda memberikan pujian secara berlebihan, Anda akan dianggap tidak ikhlas dan hanya untuk cari muka.

5.      Pahami hobi lawan bicara Anda
Kalau Anda ingin bertemu dengan orang yang hobi bermain tenis, maka sangat menyenangkan jika Anda membahas tenis, atau malah bertemu di lapangan tenis sambil bermain tenis. Kalau Anda ingin bertemu orang yang hobi bermain game, bukanlah topik tentang game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar