Nah, pada artikel kali ini saya akan
membahas tentang tips membangun ruang kerja di dalam rumah untuk para pekerja
kantoran yang tak lepas dari komputer dan tumpukan dokumen.
Membangun ruang kerja di dalam rumah
memang bukanlah hal yang mudah. Anda harus pintar – pintar memilih ruangan mana
yang hening dan nyaman. Yah, setidaknya ruangan tersebut dapat meningkatkan
produktivitas Anda.
Dalam membangun ruangan kerja dalam
rumah, gunakanlah feeling Anda. Sesuaikan tata letak ruangan dengan
seberapa berat pekerjaan Anda. Jika pekerjaan Anda berkutat di atas kertas
gambar, saya sarankan gunakan ruangan yang luas agar otak Anda tidak cepat kehabisan
ide dan inspirasi. Namun jika pekerjaan Anda berkutat di dunia perkomputeran,
saya rasa ruangan berukuran 3x2 meter saja sudah cukup.
1.
Banyak Ventilasi Udara
Usahakan ruang kerja yang akan Anda bangun itu tidak membuat
Anda sesak. Pastikan ada banyak ventilasi agar ruangan menjadi segar. Namun
ventilasinya jangan terlalu besar juga. Jika Anda memasang ventilasi yang
berukuran besar, maka masalah akan datang ketika ada angin kencang dari luar.
Saya sarankan ventilasi berukuran biasa saja. Atau jika Anda ingin sirkulasi
udara yang lebih efisien lagi Anda dapat menggunakan pendingin ruangan. Namun
jika Anda menggunakan pendingin ruangan maka bersiap – siaplah menerima tagihan
listrik yang cukup menguras kantong disetiap bulannya.
2.
Buat Berbeda
Ruangan kerja yang Anda bangun itu harus memiliki nuansa
yang berbeda dengan ruangan lain. Mengapa? Karena faktanya, rasa stress saat
bekerja dapat langsung hilang ketika meninggalkan ruangan kerja. Jika Anda
seorang pegawai kantoran pasti mengalami hal ini. Hal ini disebabkan oleh
nuansa yang dipancarkan suatu ruangan. Ketika berada di kantor, otak Anda akan
merespon dan bersiap untuk bekerja. Tetapi ketika berada di kamar tidur, otak
Anda akan merileks dan bersiap untuk tidur. Sekali lagi, hal ini disebabkan
oleh nuansa yang dipancarkan ruangan tersebut.
Lantas apa hubungannya dengan ruang kerja dalam rumah?
Bayangkan saja jika desain dan warna cat kamar tidur Anda
sama dengan ruang kerja Anda. Ketika Anda tengah bekerja di ruang kerja, Anda
malah mengantuk. Ketika Anda hendak terlelap di kamar tidur, Anda malah
insomnia karena terpikir pekerjaan yang belum selesai. Apa penyebab masalah
itu? Ya, karena nuansa ruang kerja dan nuansa kamar tidur Anda sama. Sekarang
apa Anda mengerti? Maka dari itu saya sarankan gunakan desain ruangan yang
berbeda dengan ruangan lain. Minimalnya ruang tersebut memiliki warna cat yang
berbeda dengan ruangan – ruangan yang lain.
3.
Luas
Sebisa mungkin ruang kerja harus luas. Ya, untuk memperluas
pergerakan Anda kesana kemari. Hal ini juga menjadi penangkal stress saat
bekerja.
4.
Jauh dari Jalan Raya
Agar bisa konsentrasi dengan pekerjaan yang ada di depan
mata Anda, maka ruangan tempat Anda bekerja haruslah nyaman dan tentram.
Usahakan ruang kerja yang Anda bangun itu jauh dari jalan raya dan kebisingan.
Jangan sampai ketika Anda sedang bekerja tiba – tiba terdengar suara ribut anak
– anak yang sedang bermain petasan atau apalah ...
5.
Jauhkan Benda Tidak Penting
Jauhkan benda – benda yang tidak akan menunjang
produktivitas Anda semacam televisi, radio, kulkas, konsol game, dan lain –
lain. Dengan begitu saya jamin produktivitas Anda akan terus meningkat.
6.
Simpan Tanaman
Ingin menggunakan ventilasi kecil dan tanpa pendingin
ruangan tapi ingin ruangan segar? Simpan tanaman sebagai penyegar ruangan
sekaligus ornamen natural dalam ruang kerja. Namun konsekuensinya Anda harus
menyiraminya secara teratur dan membawanya keluar ruangan pada malam hari.
7.
Bersihkan
Bersihkan ruangan jika Anda punya waktu luang. Jangan
biarkan sampah – sampah kertas dan debu menyatu hingga tidak sedap dipandang
mata. Ruangan yang bersih dapat memunculkan rasa nyaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar