Sabtu, 24 Oktober 2009

# Musik yang di Gandrungi Remaja Saat Ini #

Musik di kenal sebelum 550 SM, bahkan zaman Yunani orang sudah menggunakan music sebagai terapi. Kehidupan manusia tidak bisa di pisahkan dengan irama musik. Denyut nadi dan degup jantung manusia pun memiliki irama khusus. Belahan otak kanan menunjukan aktivitas kerja ketika diperdengarkan music. Reaksi yang diperlihatkan otak tergantung dengan jenis music yang mempengaruhinya. Saat jenis music yang kita dengar sesuai dan dapat diterima oleh tubuh manusia, maka tubuh akan bereaksi dan dapat menimbulkan rasa nikmat sehingga tubuh akan menjadi lebih kuat dan lebih sehat.
Dalam dunia music, pada umumnya kalangan remaja saat ini masih menyukai jenis music yang menggunakan akor, irama dan harmonisasi yang mudah dan sederhana serta yang selalu bertutur tentang kehidupan social dan cinta antar manusia. Yang tidak lain adalah jenis music pop. Walaupun di sisi lain sebagian kecil para remaja menyukai jenis music seperti Rock serta Rhythm & Blues tapi tidak sebanyak penggemar music Pop. Hal ini ditunjang oleh banyaknya group music yang bermunculan dengan mengandalkan irama pop serta melodi yang menekankan pada cinta dan romantisme. Menurut survey yang di lakukan pada kalangan remaja, rating jenis music yang digandrungi saat ini adalah :
1.Pop 69 %
2.Rock 12%
3.Rhythm & Blues 7%
4.Dangdut 6%
5.Jazz 2%
6.Reggae 1%
7.Lain-lain 3%
Sesuai dengan perkembangan music saat ini, music pop sudah mengalami perkembangan yang luar biasa. Ada beberapa kelompok music yang memadukan alat music tiup, alat music tradisional dan alat music modern misalnya music techno. Tingkat kesulitan permainan music ini pun semakin rumit. Aliran music pop juga mulai di padukan dengan music jenis lain.
Jika di telaah lebih jauh, music pop juga memiliki berbagai karakter. Karakter pop yang umumnya paling di gandrungi remaja saat ini yakni, Pop Alternative, Pop Melayu, Pop Gokil dan Pop Murni.
# Ciri khas dari karakter Pop Alternative yaitu, arransemen musiknya lebih variatif di banding dengan Pop Murni dan musiknya lebih enerjik. Contoh yang cendrung ke arah alternative yakni Dewa dan Gigi yang hampir semua lagunya berkarakter alternative.
# Ciri khas dari karakter Pop Melayu yaitu arransemennya simple dan sangat sederhana serta vokalnya di dominasi oleh cengkok melayu yang mendayu-dayu. Contohnya seperti Kangen Band dan Wali yang memang di kenal sebagai aikon dari pop melayu modern.
# Karakter Pop kreatif merupakan karakter dari music Pop yang baru saja mencuat. Ciri khas dari karakter Pop Kreatif yakni kreatifitas dariarransemennya tidak terlalu begitu diperhatikan. Yang terpenting adalah liriknya unik, lucu dan gila-gilaan di ikuti oleh ekspresi yang aneh serta habis-habisan. Kuburan dan E’capede, merupakan contoh dari Pop Gokil.
# Sedangkan ciri khas dari karakter Pop Murni yaitu arransemennya lebih cenderung stabil dan datar walaupun kadang kala agak terdapat variatif, liriknya mudah untuk di ikuti dan di mengerti biasanya bertemakan cinta dan romantisme. Contohnya seperti Peterpan dan Ungu.
Music pada umumnya mempengaruhi jiwa dan music Pop sebagai music yang paling di gandrungi saat ini pun dapat mempengaruhi kalangan remaja misalnya dari segi Life Style banyak para remaja mengikuti Trend Mark dari music pop itu sendiri misalnya seperti memakai selendang leher yang sering di pakai Nidji, Gaya rambut jigrak-jigrak kusut dan moa yang seperti gaya rambut ultraman ala Peterpan, gaya memakai celana di bawah pinggang yang ujungnya kuncup seperti Ungu, gaya memakai kemeja yang bagian kerahnya di buka, gaya memakai anting-anting, dompet memakai rantai besi atau kain yang di kaitkan ke pinggang dan masih banyak lagi. Begitu besarnya pengaruh Trend Mark tersebut bagi mode dan gaya bahkan Life Style remaja saat ini.
Mengenai berbagai gaya yang dianut oleh remaja sekarang sebenarnya sah-sah saja asal sesuai dengan kondisi dan tempat tertentu serta tidak melanggar nilai dan norma yang berlaku pada lingkungan masyarakat dimana ia berada. Masa remaja … bukan waktunya bermanja! Remaja… Juga Manusia…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar