Sabtu, 17 Oktober 2009

Menejemen Nekat

Republik Cinta management adalah kesatuan tim manajemen yang dibentuk Oleh Dhani ahmad yang kini beranggotakan dewa 19, Andra & the Backbone, the rock, dewi -dewi, Mulan Jameela dll. kita tahu semua artis yang masuk dalam lingkaran manajemen republik cinta hampir semuanya adalah artis yang laris manis di pasaran saat ini, membuat kita pasti bertanya apa yang membuat manajemen republik cinta begitu kuat di luar maupun di dalamnya.

Manajemen republik cinta kebanyakan menaungi para musisi, maka yang dihargai pasar pastilah karya musik yang dihasilkan oleh para artisnya, begitu boomingnya hits yang diciptakan mereka tidak terlepas dari peran musisi dan produser di baliknya. di jabatan produser ini mungkin dhani ahmad lah yang patut kita acungi jempol, di tangannya banyak lagu hit yang sampai kini masih kerap kita dengar di telinga kita. di samping itu strategi pemasaran dhani mungkin patut ditelaah melihat dari album the rock dan mulan jameela dan dewi -dewi terlihat seperti ada yang janggal dari album kebanyakan lainnya. apa yang berbeda? kalau kita periksa isi dari album mereka bertiga pasti terlihat banyak sekali hit - hit lama dari dewa 19 dan ahmad band yang dulu pernah populer.

Dhani pernah bilang pada suatu wawancara “band - band” sekarang cuma menjual satu dua lagu saja yang lainnya cuma tempelan”, memang benar band - band sekarang hanya menjual beberapa lagu saja untuk dijadikan hitsnya, yang lainnya hanya bumbu pelengkap keberadaan sebuah album saja.

Mungkin seni musik di negara kita mulai menurun kualitasnya bila melihat banyak munculnya band - band dengan mengusung barisan lagu cengeng yang dipastikan hampir tiap hari kita dengar, entah apa yang membuat pasar semakin meminati band - band seperti itu , atau selera masyarakat sudah jenuh atau inginkan musik yang sederhana saja atau ada faktor lain yang sulit dijelaskan, semoga tahun ini hit - hit di dunia musik nusantara tidak lagi secengeng dua tahun belakangan, amin….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar