Stres dan dunia kerja merupakan dua sisi yang sangat sulit
dipisahkan. Ada banyak hal yang bisa membuat Anda stres dengan pekerjaan Anda,
salah satunya adalah saat beban kerja Anda terus bertambah sehingga jam kerja
Anda berlebihan. Kondisi tersebut pun semakin menjadi dengan sebuah pemikiran
akan perasaan takut saat Anda kehilangan pekerjaan. Siapa sih yang mau
kehilangan pekerjaannya? Sebenarnya dua bagian dalam kehidupan sebagai pekerja
pun merupakan kondisi yang sangat berbahaya pada kesehatan karena jika stres
terus melanda kehidupan Anda maka depresi tinggal menunggu waktu saja.
Meski stres dan dunia kerja tidak dapat dipisahkan tapi
tetap saja Anda bisa mencegah dua hal tersebut melanda hidup Anda. Bagaimana
caranya mencegah stres kerja? Berikut ulasannya.
Ø Terapkan Skala Prioritas
Sebagai manusia tentu Anda punya
kelebihan dan kekurangan, artinya seberapa besar pun kemauan tentu Anda
memiliki keterbatasan. Disini Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan Anda
dalam waktu yang bersamaan, jika Anda tetap memaksa diri maka kondisi yang
kemungkinan terjadi adalah masalah stres. Bagaimana cara mencegahnya? Terapkan
sistem atau filosofi tentang skala prioritas, susun daftar pekerjaan yang
menjadi prioritas untuk Anda kerjakan khususnya pekerjaan yang mendesak sampai
pekerjaan yang masih memiliki waktu yang lebih. Cara ini juga bisa membantu
Anda untuk mencegah pekerjaan yang menumpuk. Jangan lupa untuk membuat
peninjauan kembali terhadap pekerjaan yang sudah Anda selesaikan. Cara ini
mampu mencegah dan meminimalisir kesalahan.
Ø Buat Pilihan
Kondisi yang paling banyak dialami
oleh para pekerja adalah atasan atau bos mereka terus membebaninya dengan
pekerjaan. Kondisi ini sekilas memang sangat wajar tapi saat Anda menerima
pekerjaan baru sementara yang lama belum bisa Anda selesaikan inilah yang akan
membuat Anda stres. Untuk mencegahnya Anda bisa membuat sebuah pilihan, artinya
Anda harus memilih untuk menerima atau menolaknya. Jika Anda menolak sebaiknya
beri sebuah alasan yang logis agar atasan Anda tidak menaruh perasaan kecewa.
Mengambil pekerjaan baru saat pekerjaan yang lama belum Anda selesaikan agar
mencegah bos kecewa bukan hal yang positif untuk karir. Karena saat Anda stres
tentu produktivitas kerja pun menurun. Tapi ingat setiap pilihan itu ada
konsekuensinya.
Ø Istirahat Teratur
Salah satu penyebab terbesar stres
adalah stamina yang tidak terpenuhi dengan maksimal. Jika Anda ingin
mencegahnya maka sebaiknya Anda manfaatkan dengan baik waktu istirahat Anda.
Istirahat secara teratur mampu mencegah tubuh lelah dan tentunya mencegah
stres.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar