Jumat, 28 November 2014

Cara Ampuh Mencegah Stres Kerja



Stres dan dunia kerja merupakan dua sisi yang sangat sulit dipisahkan. Ada banyak hal yang bisa membuat Anda stres dengan pekerjaan Anda, salah satunya adalah saat beban kerja Anda terus bertambah sehingga jam kerja Anda berlebihan. Kondisi tersebut pun semakin menjadi dengan sebuah pemikiran akan perasaan takut saat Anda kehilangan pekerjaan. Siapa sih yang mau kehilangan pekerjaannya? Sebenarnya dua bagian dalam kehidupan sebagai pekerja pun merupakan kondisi yang sangat berbahaya pada kesehatan karena jika stres terus melanda kehidupan Anda maka depresi tinggal menunggu waktu saja.
Meski stres dan dunia kerja tidak dapat dipisahkan tapi tetap saja Anda bisa mencegah dua hal tersebut melanda hidup Anda. Bagaimana caranya mencegah stres kerja? Berikut ulasannya.
Ø  Terapkan Skala Prioritas
Sebagai manusia tentu Anda punya kelebihan dan kekurangan, artinya seberapa besar pun kemauan tentu Anda memiliki keterbatasan. Disini Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan Anda dalam waktu yang bersamaan, jika Anda tetap memaksa diri maka kondisi yang kemungkinan terjadi adalah masalah stres. Bagaimana cara mencegahnya? Terapkan sistem atau filosofi tentang skala prioritas, susun daftar pekerjaan yang menjadi prioritas untuk Anda kerjakan khususnya pekerjaan yang mendesak sampai pekerjaan yang masih memiliki waktu yang lebih. Cara ini juga bisa membantu Anda untuk mencegah pekerjaan yang menumpuk. Jangan lupa untuk membuat peninjauan kembali terhadap pekerjaan yang sudah Anda selesaikan. Cara ini mampu mencegah dan meminimalisir kesalahan.

Ø  Buat Pilihan
Kondisi yang paling banyak dialami oleh para pekerja adalah atasan atau bos mereka terus membebaninya dengan pekerjaan. Kondisi ini sekilas memang sangat wajar tapi saat Anda menerima pekerjaan baru sementara yang lama belum bisa Anda selesaikan inilah yang akan membuat Anda stres. Untuk mencegahnya Anda bisa membuat sebuah pilihan, artinya Anda harus memilih untuk menerima atau menolaknya. Jika Anda menolak sebaiknya beri sebuah alasan yang logis agar atasan Anda tidak menaruh perasaan kecewa. Mengambil pekerjaan baru saat pekerjaan yang lama belum Anda selesaikan agar mencegah bos kecewa bukan hal yang positif untuk karir. Karena saat Anda stres tentu produktivitas kerja pun menurun. Tapi ingat setiap pilihan itu ada konsekuensinya.

Ø  Istirahat Teratur
Salah satu penyebab terbesar stres adalah stamina yang tidak terpenuhi dengan maksimal. Jika Anda ingin mencegahnya maka sebaiknya Anda manfaatkan dengan baik waktu istirahat Anda. Istirahat secara teratur mampu mencegah tubuh lelah dan tentunya mencegah stres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar