Sabtu, 09 Agustus 2014

Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan

Manfaat telur bebek bisa Anda dapatkan secara maksimal hanya dengan mengkonsumsinya. Seperti manfaat telur lainnya, telur bebek memiliki berbagai macam nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Telur bebek merupakan salah satu jenis telur yang sudah populer dan banyak dikonsumsi karena memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari telur ayam. Selain itu harga telur bebek juga relatif masih terjangkau untuk digunakan sebagai lauk pauk sehari-hari.
Telur bebek memang memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang cukup tinggi, namun tidak semua nutrisi yang terdapat dalam telur bebek buruk bagi kesehatan tubuh. Anda dapat mengkonsumsi telur bebek sebagai campuran jamu untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.
Dalam telur bebek mentah yang berukuran besar terkandung 9 gram protein, yaitu sekitar 18 persen dari asupan  protein yang dibutuhkan kebanyakan orang setiap hari. Memang tubuh kita membutuhkan asupan protein yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Protein memang memegang peranan penting dalam tubuh, diantaranya adalah untuk memperbaiki dan memelihara sel-sel dalam tubuh saat anak-anak, saat hamil, atau setelah kita berolahraga. Berikut ini beberapa kandungan dan manfaat yang terdapat dalam telur bebek.

Vitamin A
Telur bebek mengandung Vitamin A yang cukup tinggi. Satu butir telur bebek mentah dengan ukuran besar mengandung sekitar 472 IU vitamin A, yang merupakan 9,4% dari  asupan vitamin harian yang direkomendasikan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Vitamin A sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu juga dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menjaga gigi dan tulang yang sehat.

Vitamin E
Dalam telur bebek mentah terdapat 0,9 mg vitamin E, yaitu sekitar 3 persen dari kebutuhan vitamin E harian Anda yang disarankan. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, membantu pemeliharaan pencernaan dan sistem metabolism dan membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Mineral
Telur bebek mentah mengandung 154 mg fosfor yang merupakan 15,4 persen dari asupan harian Anda yang dianjurkan. Selain itu, telur bebek juga juga menyumbangkan nutrisi berupa kalsium, kalium dan zat besi dalam jumlah yang cukup besar.

Dengan mengkonsumsinya, Anda bisa mendapatkan manfaat telur bebek untuk kesehatan tubuh. Selama Anda mengkonsumsinya dalam batas normal dan tidak berlebihan, maka Anda tidak perlu khawatir terhadap tingkat kolesterol yang cukup tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar