Minggu, 05 Mei 2013

Merancang Sebuah Unit Drumband



MEMBANGUN SEBUAH UNIT DRUMBAND
Ada beberapa hal penting yang ingin dikemukakan disini untuk mulai membangun sebuah unit drumband di lingkungan sekolah

1.     Masalah Perencanaan.
Perencanaan awal untuk sebuah unit drumband adalah sangat penting. Karena tentunya sekolah tidak ingin kegiatan drumband yang nantinya akan diikuti oleh siswa-siswa didiknya hanya seumur jagung saja usianya.
Pihak sekolah dapat berembuk terlebih dahulu dengan berbagai pihak, seperti Komite dan orang tua murid tentang rencana sekolah untuk mengadakan kegiatan drumband.
Tidak hanya itu, pihak sekolah harus juga mengajak beberapa tenaga ahli atau mereka-mereka yang telah berkesimpung dalam dunia drumband dan marchingband secara lebih intensif.
Maksudnya adalah untuk mengetahui apa saja kendala yang bakal muncul dari adanya kegiatan drumband di sekolah, serta bagaimana cara mengatasi berbagai kendala tersebut.
Tidak lupa juga untuk mencari informasi lainnya ke sekolah-sekolah yang sudah ada kegiatan drumband sebagai studi banding untuk mempersiapkan sekolah menghadapi kegiatan drumband.
Dalam perencanaan ini pun juga harus dapat dipahami oleh semua pihak, tidak hanya sekolah saja, tetapi juga murid, komite dan orang tus serta guru-guru di sekolah. Semua pihak harus dapat memahami apa maksud dan tujuan dari diadakannya kegiatan drumband tersebut.
Sebaiknya sekolah selalu mengadakan konsultasi dengan orang-orang yang telah lebih dulu tahu tentang drumband secara lebih mendetail dan jelas.


2.     Pendanaan
Faktor pendanaan adalah kunci awal sebelum membangun sebuah unit drumband. Sebab berapapun besarnya dana yang dimiliki oleh sekolah sangat berpengarhu terhadap perkembangan drumband tersebut dimasa yang akan datang.
Faktor pendanaan ditujuan untuk pengadaan alat-alat drumband. Dan ini hanya bisa diketahui terlebih dahulu setelah pihak sekolah menentukan perencanaan yang ingin dicapai oleh unit drumband tersebut.
Bila pihak sekolah menginginkan adanya kegiatan drumband di sekolahnya, maka mau tidak mau harus sudah siap dengan segala konsekuensinya utamanya masalah pendanaan.
Faktor penting yang harus diperhatikan dalam masalah pendanaan adalah :
1.     Biaya pengadaan alat
2.     Biaya pelatihan
3.     Biaya pemeliharaan
4.     Biaya penampilan
5.     Biaya kelengkapan unit
Semuanya ini harus disusun dengan baik dalam bentuk program perencanaan yang dibuat dalam bentuk RABS sekolah. Dan masalah ini harus dijelaskan terlebih dahulu dihadapi semua pihak mulai dari Komite, orang tua murid hingga ke Guru atau Pembina sebagai pelaksana teknis kegiatan drumband.

3.     Pelatihan
Adalah tidak mungkin bila sekolah sebagai lembaga yang mengadakan kegiatan drumband harus juga turut bertanggungjawab terhadap latihan drumband tersebut.
Sebaiknya untuk tenaga pelatih ini harus melibatkan orang lain atau pihak ketiga yang betul-betul menguasai teknik-teknik drumband secara benar dan betul.
Sehingga disini bisa terlihat, bahwa peran sekolah adalah untuk mengadakan peralatan drumband sesuai kebutuhan dan pihak pelatih yang bertanggungjawab untuk melatih siswa dari tidak bisa bermain drumband sampai menguasai teknik dalam drumband.
Dalam hal latihan, pihak sekolahpun perlu memahami, bahwa keberhasilan penampilan sebuah unit drumband sangat ditentukan oleh banyaknya program latihan yang dijalani oleh unit drumband tersebut.
Boleh dikatakan bahwa kegiatan drumband hampir memakan waktu 70% hanyalah untuk latihan...latihan.....dan latihan, sisanya mungkin untuk penampilan dalam berbagai event yang diikuti.
Dalam hal ini pihak pelatih dan sekolah harus bekerjasama utamanya dalam menyusun program latihan serta target yang ingin dicapai oleh unit tersebut. Pihak sekolah dan pelatih perlu bersama-sama menyusun program event apa saja yang akan diikuti oleh unit tersebut.
Tentunya dalam hal ini pihak sekolah harus selalu berkoordinasi juga dengan aparat setempat, seperti misalnya dengan Disdik, Pemda, Ormas atau pihak swasta lainnya yang biasa mengadakan event kegiatan yang memungkinkan drumband untuk tampil.

4.     Pengadaan Alat
Perlu saya tekankan disini, bahwa untuk pengadaan alat-alat drumband, hendaknya pihak sekolah selalu mencari informasi tentang alat-alat drumband dari orang-orang yang mengerti tentang drumband, atau paling tidak mencari informasi dari Lembaga resmi drumband, seperti PDBI, GPMB, dan lain sebagainya.
Sebaiknya pihak sekolah jangan cepat tergiur dengan penawaran yang cukup murah, tetapi sebetulnya tidak layak untuk dipergunakan sebagai sebuah unit drumband.
Membeli alat-alat drumband bagi sekolah adalah merupakan investasi, jadi harus memperhatikan tidak hanya segi harga, tetapi juga kualitas dan mutu dari alat tersebut. Bila sekolah mampu, dapat membeli alat dengan harga diatas 50 juta sampai 100 juta. Tetapi bila tidak mampu untuk membeli sekaligus, maka hal ini dapat diprogram dalam bentuk perencanaan pembelian alat secara bertahap, misalnya untuk selama 3 tahun.
Maka dalam rentang waktu 3 tahun tersebut, kebutuhan alat-alat drumband sudah dapat terpenuhi semuanya, paling hanya penambahan beberapa alat saja untuk melengkapinya.
Dalam hal pengadaan alatpun pihak sekolah perlu membuat perencanaan kembali tentang pergantian atau penambahan alat yang diperlukan sesuai dengan perkembangan drumband tersebut.
Dalam hal pengadaan alat, perlu diperhatikan oleh sekolah adalah :
1.      Jenis dan type dari alat drumband atau marchingband
2.      Mutu serta kualitas dari alat tersebut
3.      Kebutuhan yang diperlukan untuk sebuah unit
4.      Faktor pemeliharaan dan perawatan yang tidak sulit
5.      Sarana atau tempat penyimpanan alat.

Hal ini harus menjadi bahan pertimbangan pihak sekolah sebelum membeli alat-alat drumband. Ingat! Pesan saya janganlah hanya tergiur dengan harga yang murah saja, sehingga kualitas alat tersebut dalam waktu 1 tahun sudah rusak.
Perlu dipikirkan juga dalam pengadaan alat ini, bahwa alat tersebut harus dapat bertahan untuk waktu yang cukup lama, minimal 5 tahun. Sehingga sebelum 5 tahun pihak sekolah yang melakukan penambahan alat-alat saja yang dianggap perlu, sebelumnya akhirnya mengadakan pergantian alat dengan yang baru kembali.
Hal ini perlu, karena perkembangan dunia drumband dan marchingband baik di Indonesia maupun didunia, perkembangannya sangat pesat sekali. Sehingga hampir setiap tahun selalu ada alat atau jenis alat yang baru yang dapat dimainkan dalam sebuah unit drumband.
Demikianlah saya berharap tulisan saya yang sedikit ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pihak sekolah atau siapapun juga yang ingin mendirikan sebuah unit drumband dan marchingband.
VIVA DRUMBAND INDONESIA !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar