Minggu, 03 Februari 2013

Kasih Sayang Orangtua Sejak Bayi Berpengaruh pada Kecerdasan Anak



Para Orang tua, ingatkah ketika Anda harus menjalani ujian di sekolah? Mood sangat mempengaruhi semangat belajar kan. Ketika suasana hati yang baik dan bahagia, maka akan lebih bersemangat untuk belajar, sehingga apa yang kita pelajari lebih mudah diserap oleh otak. Dan saat ini, kita telah menjadi orangtua, jadi apa yang kita lakukan dengan kasih sayang dari kita kepada anak semenjak ia bayi akan sangat berpengaruh terhadap kecerdasan anak-anak yang kita sayangi.
Anak-anak sangat membutuhkan kasih sayang orangtua. Dengan cinta yang diberikan dari orangtua ke anak, maka ia akan merasa kedamaian. Otak bayi masih sangat sensitif sehingga akan lebih mudah menerima pelajaran, menjalani tahapan-tahapan kehidupan yang baru ia kenal han hal tersebut dapat optimal ketika bayi dalam suasana kedamaian dan kebahagiaan. Jelas, ini juga akan sangat mempengaruhi perkembangan otak atau kecerdasan.
Berikut saya sharing disini tips  bagi Orang tua, apa saja yang perlu diperhatikan, agar bayi terpenuhi kasih sayangnya di masa pertumbuhannya sehingga menjadi anak yang cerdas di masa depan.
©  Pujian
Agar balita lebih termotivasi untuk belajar percaya diri dan menanamkan rasa kreativitas, jangan sungkan memberi pujian kepadanya. Pujian sangat berarti agar balita dapat mengembangkan diri. Misalnya, bayi awalnya hanya dimainkan kertas dengan meremas. Kita dapat mengatakan, “Wah … anak mama Benar-benar cerdas, dapat membuat bola kertas.” Dengan pujian yang kita berikan dan ditambah dengan bimbingan dari kami, lama-lama si anak pasti dapat membuat kerajinan dari kertas lebih baik. Misalnya membuat pesawat, kapal, burung, dan lainnya.
©  Ciuman, pelukan dan belaian
Seorang psikolog mengatakan bahwa ciuman, pelukan, dan belaian merupakan bentuk penghargaan terhadap anak. Dengan begitu, ia akan merasa sangat dihargai oleh orang tuanya, dan memacunya untuk melakukan sesuatu yang positif. Menangis, adalah salah satu cara untuk mendapatkan perhatian. Nah … Jika kebutuhan akan cinta dan perhatian seorang bayi telah dipenuhi, maka bayi tidak akan mudah menangis.
©  Hindari larangan
Ketika bayi mulai melakukan hal yang tidak baik, seperti membuang sampah sembarangan, hindari melarang anak untuk melakukannya. Kita bisa menggantinya dengan kata-kata lembut dan mendidik. Misalnya, “Sayang makanan ya harus dimakan, kalau dilempar-lempar nanti makannya menangis dan rumah menjadi kotor” itu akan lebih baik daripada anda mengatakan “Jangan lempar makanan!” Apa pelajaran dari bayi? Tidak ada. Hanya rasa takut.
©  Berbicara dengan suara lembut
Meskipun bayi belum menguasai banyak kosa kata, tidak pernah berhenti untuk berbicara dengannya. Tentu saja dengan suara lembut penuh ekspresi. Coba perhatikan anak-anak cerdas yang pernah ditampilkan di TV, mereka berbicara dengan ekspresi yang besar dan intonasi yang baik. Hal ini tentu saja sangat berhubungan dengan pengajaran yang diberikan oleh orang tua mereka dalam kehidupan sehari-hari. Suara orang tua, terutama suara ibu, adalah suara favorit bayi Anda yang pasti akan ditiru oleh buah hati Anda. Jadi, Anda harus menghindari kata-kata dan intonasi yang kasar, karena ada kemungkinan bayi Anda akan meniru.
©  Baca buku dongeng
Baca buku dongeng dengan gambar dan warna. Untuk ukuran bayi, tidak memberikan cerita yang rumit. Karena yang paling penting adalah gambar yang menarik, dan dari segi cerita, Anda dapat membuatnya menarik. Gambar burung bisa menjadi sesuatu yang menarik, jika diceritakan dalam cara yang menarik (intonasi yang baik, mengundang interaksi, suara yang jernih, dan pengembangan cerita yang baik).
©  Menjadi Teladan
Seorang anak belajar dari berbagai indera. Salah satunya adalah melalui indera penglihatan dan pendengaran. Kemudian menjadi model peran yang baik untuk anak Anda. Anak-anak belajar dari yang dilakukan orangtuanya. Oleh karena itu, sebagai orangtua kita harus berhati-hati dalam bertindak dan berbicara, karena anak-anak akan meniru apa yang mereka lihat dan dengar. Jika Anda sebagai orang tua memiliki kebiasaan buruk, maka Anda harus mengubah kebiasaan buruk Anda yang akan meniru anak-anak Anda. Sehingga generasi kita akan lebih baik dari kita.
©  Permainan edukatif
Banyak mainan yang bisa kita temukan di toko mainan. Cobalah untuk memilih mainan yang mendidik, yang dapat membuat anak-anak belajar melalui indera penglihatan, pendengaran, dan rasa, sehingga anak-anak dapat memiliki senyawa intelijen melalui pembelajaran dari semua indera yang mereka miliki. Dalam hal ini, sangat membutuhkan pengasuhan kreatif Anda. Karena dengan bola merah juga, Anda dapat melatih bayi Anda tentang bentuk (dengan mengatakan, merasa, dan melihat), warna (untuk melihat, mendengar, dan mengucapkannya), dan manfaat lainnya.
©  Pentingnya petualangan
Petualangan dalam hal ini tentu saja tidak mengambil bayi kami pergi mendaki gunung atau berselancar laut. Tetapi Anda dapat melakukannya di lingkungan Anda. Hal ini sangat penting bahwa bayi kami tidak hanya belajar dari satu lingkungan saja (di rumah), atau tidak hanya berjalan-jalan di mal. Anda dapat membawa bayi Anda untuk berjalan-jalan di pagi hari (sehingga bayi Anda dapat merasakan kesejukan alami / bukan dari AC) dan mendapatkan dari sinar ultraviolet matahari yang mengandung vitamin D, bawa dia ke taman ( untuk dapat mengenali berbagai jenis tanaman), memintanya untuk mengikuti acara keagamaan, bawa dia berenang (tentu saja dengan hak asuh orang tua), dan banyak lagi. Hal ini sangat penting, sehingga bayi dapat dilatih untuk beradaptasi dalam segala situasi dan cuaca.
©  Mendengarkan music
Hampir setiap orang di dunia ini seperti musik. Pada saat saya menulis artikel ini pun, saya sambil mendengarkan musik, agar lebih rilex. Dengan berbagai manfaat, semua orang mungkin perlu musik. Begitu juga dengan bayi  Anda. Mereka sangat membutuhkan musik, bukan hanya untuk pengantar tidur bayi Anda, namun tidak langsung, musik juga dapat membawa efek positif bagi otak kanan. Dengan mendengarkan musik, proses belajar dilakukan bayi Anda akan menjadi lebih mudah. Akan lebih baik jika musik mengandung pendidikan untuk si buah hati. Jadi tidak hanya suami atau istri yang membutuhkan musik untuk membangun suasana romantis. Anak-anak Anda juga perlu suasana hati yang romantis dengan Anda, orang tua, karena mereka bisa merasakan kedamaian ketika belajar.
©  Cerdas dalam memberikan jawaban dan tanggapan kepada anak
Bayi dan balita adalah anak-anak yang tumbuh dan berkembang pola pikirnya. Mereka terus belajar sesuatu yang baru setiap hari. Sebagai orang tua, kita harus cerdas dan tanggap terhadap setiap perkembangan anak kita. Seorang anak terang biasanya akan meminta orang tua banyak tentang segala hal. Sebagai orang tua, kita harus berpikir dan memberikan jawaban yang terbaik dan bijaksana, memberikan pemahaman yang lebih baik dari paradigma yang muncul. Tidak mendapatkan jawaban yang kita berikan kepada anak-anak bahkan membingungkan pikiran mereka. Karena keluarga adalah tempat pertama untuk belajar dan tempat-tempat yang mendukung pengembangan kecerdasan.

1 komentar: